RSS

Pendidikan Di Bandar Lampung Belum Merata (Bag. I)

Lampung merupakan Provinsi yang terletak ujung di pulau Sumatra, Lampung menjadi gerbang utama hilir mudik-nya bisnis, pendidikan maupun transportasi antar pulau    Sumatra dan Jawa. Soal pendidikan di Indonesia bisa dibilang cukup mumpuni, seperti metode pembelajaran dengan menggunakan teknologi canggih seperti Internet, Teleconfence, 3D TV Internet. Namun apakah warga Indonesia sudah mampu untuk melaksanakan itu semua? Mari kita beranjak untuk melihat pendidikan di Bandarlampung.
 Gambar 1.Lab Multimedia
          
     Sebagai siswa yang duduk di kelas 8 SMP Islam Terpadu Fitrah Insani saya bersyukur sekali karena fasilitas penunjang yang ada di sini mendukung seperti metode pembelajaran multimedia (guru mengajar dengan Laptop, Sound System, LCD Proyektor, AC, ruangan lebar serta guru wajib membuat materi multimedia).
 Gambar 2. Sekolah SD Saya di Pelosok Lampung

Saya menyukai metode pembelajaran seperti ini, karena selain mudah diserap oleh para siswa tidak menjenuhkan karena benar-benar interaktif. Tapi bagaimana dengan fasilitas pendidikan yang ada diluar sana apakah sudah merata dan baik seperti di Bandarlampung 
 
          Pengalaman pribadi saya selama kurang lebih 10 tahun di pedalaman (pelosok nan udik) saya mulai bersekolah dasar pada tahun 2002 dengan menggunakan sepeda bersama teman-teman. Keadaan alam yang begitu indah, kebersamaan dengan teman-teman berangkat dan pulang sekolah melewati hamparan sawah yang luas.





 Gambar 3. Sekolah yang rusak karena tidak terurus



 Gambar 4. Bersepeda ketika berangkat dan pulang sekolah

Para guru disana baik, ramah dan pandai sekali  dalam mengajar dan teknik penyampaian materi yang diselingi dengan cerita-cerita lucu sehingga menarik dalam belajar serta tidak membosankan. Namun yang buat saya bersedih, fasilitas penunjang pendidikan sangat memperihatinkan seperti atap sekolah yang lepas, banjir, lantai beralaskan tanah bahkan MCK (Toilet) pun tidak tersedia disana. Sungguh pola pendidikan yang tidak merata. Tapi saya salut dengan semangat belajar yang dimiliki anak-anak yang tinggak di udik.


 Gambar 5. Suasana Belajar di SD Saya 'dahulu'


[bersambung...]

gambar : dari berbagai sumber di google image
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: