RSS

Warga Lampung belum sepenuh nya siap dengan pembelajaran berteknologi canggih

Tekhnologi canggih zaman sekarang sudah banyak digunakan di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di kota kita tercinta ini yaitu Bandarlampung. Di berbagai sekolah maupun beberapa Universitas di Bandarlampung sudah banyak fasilitas-fasilitas yang ber-tekhnologi canggih, akan tetapi warga Lampung sepertinya belum siap dengan fasilitas-fasilitas ber-tekhnologi canggih itu. 

 Gambar 1. salah satu sekolah di Indonesia dengan Lab Belajar Multimedia lengkap plus Teleconference

Kebanyakan para guru di Lampung tidak memakai fasilitas tersebut dikarenakan tidak memahami cara penggunaan fasilitas-fasilitas tersebut. Contohnya para guru lebih senang menerangkan pelajaran dengan cara menulis di papan tulis whiteboard dengan sepidol berwarna-warni, yang lebih parah adalah menulis di papan tulis hitam dengan menggunakan karpur tulis yang berdebu alias ngebul daripada menggunakan Lcd, Laptop dan sebagainya. Dan para murid kebanyakan masih gagap akan tekhnologi atau yang sering kita sebut ’GAPTEK’. Sebaiknya para guru dan warga Lampung mencoba menggunakan tekhnologi karna lebih mudah.

  

 Gambar 2 dan 3. Lebih baik menggunakan kapur tulis dari pada pembelajaran Multimedia
Ada baiknya kita menengok metode pembelajaran di negara tetangga yang sudah menggunakan E-learning, apa itu E-Learning, simak penjelasan berikut :


E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.







E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. 

Devinisi E-Learning menurut para ahli :  
  1. Jaya Kumar C. Koran (2002)
  2. e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.
  3. Darin E. Hartley (Hartley, 2001)
  4. eLearning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.

 Teknogi canggih bukanlah satu-satunya cara terbaik untuk mendapatkan metode pendidikan dan pembelajaran yang sempurna, saya dan teman-teman menyadari selain kita belum siap akan teknologi canggih tersebut dari segi penggunaan yang positif, kita juga belum siap dampak yang negatif seperti; kejahatan lewat internet, pornografi, video kekerasan, penipuan dan masih banyak lagi yang kita belum siap akan dampak negatif-nya. Banyak rekan pelajar yang masih dibawah umur menonton “video tidak jelas” di Handphone nya ketika belajar di sekolah. Jangan sampai bertambah lagi korban pelajar Indonesia khususnya warga Lampung yang belum siap akan penggunaan teknologi canggih khususnya dalam dunia pendidikan.

 Gambar 4.Ilustrasi Kenakalan Remaja

SMP IT FITRAH INSANI, GOOGLE IMAGE
Illustrasi kenakalan remaja : Rifqi dan Sandi SMP IT FI
Kutipan E-learning : id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran_elektronik. 
http://e-dufiesta.blogspot.com/2008/06/pengertian-e-learning.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: